Potensi Bitcoin Cash

Potensi Bitcoin Cash


Baru-baru ini saya telah menginvestasikan sebagaian besar uang saya ke jaringan cryptocurrency baru yang merupakan pecahan dari bitcoin yaitu bitcoin cash di bitcoin.co.id. ya, bisah dilihat pada gambar dibawah, saya sengaja menjual bitcoin saya dan menukarnya dengan bitcoin cash.




Kenapa saya mau melakukan hal ini?, saya pikir alasannya sederhana “Karena Saya Mempercayai Potensi Bitcoin Cash Sebagai Salah Satu Tempat Berinvestasi Yang Mengguntungkan”.

Darimanakah asal keyakinan itu?, Oke sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita sedikit merenung dan melihat kebelakang.

Apa itu bitcoin?, Secara umum saya akan menjawab bitcoin adalah mata uang digital dengan sistem desentralisasi yang memiliki beberapa kelebihan dibanding mata uang konvensional. Beberapa kelebihan bitcoin dibanding mata uang konvensional yang menurut saya membuat mata uang ini begitu menarik antara lain kecepatan transaksi, dan tidak ada pihak yang mengatur proses transaksi sehingga meminimalkan biaya transaksi dibanding menggunakan mata uang konvensional. Memang masih ada kelebihan lain dari mata uang bitcoin, namun menurut saya dua kelebihan inilah yang paling membuat mata uang ini menarik.

Namun, seiring perkembanggannya dan semakin banyaknya transaksi yang terjadi menggunakan mata uang bitcoin menyebabkan bitcoin bisa saja kehilanggan kedua kelebihan yang menjadi keunggulannya.


Pada pertengahan 2009, hanya ada sekitar 100 transaksi Bitcoin yang diproses perharinya. Dari chart bisa Anda lihat betapa pesatnya kenaikan jumlah transaksi dari tahun ke tahun. Pada tanggal 2 Maret 2017, jumlah transaksi Bitcoin bahkan menyentuh angka 329,428 dalam 1 hari. Tapi apa masalahnya?

Masalahnya adalah 1 blok, yang munculnya setiap 10 menit sekali, hanya bisa menampung transaksi-transaksi Bitcoin hingga 1 MB, yang berarti hanya ada sekitar 3 transaksi yang bisa diproses tiap detiknya. Bila kita hitung, berarti dalam waktu 10 menit hingga blok berikutnya tercipta, ada 1,800 transaksi yang bisa diproses. Tapi perlu diingat belum tentu dalam satu blok benar-benar bisa memuat 1,800 transaksi. Terkadang satu blok memuat jumlah transaksi yang lebih sedikit karena kapasitas setiap data transaksi yang dimasukkan ke dalam blok lebih besar dari rata-rata. Jadi mungkin saja, satu blok hanya bisa memuat 1,500 transaksi, bukannya 1,800 transaksi.

Saat ini, setiap 10 menit ada sekitar 2,300 transaksi yang mengantri untuk diproses. Berhubung satu blok hanya bisa memuat 1,800 transaksi, berarti ada 500 transaksi yang masih mengantri untuk dimasukkan ke blok selanjutnya demi mendapatkan 1 konfirmasi. Ketika blok berikutnya muncul, jumlah transaksi yang mengantri sudah 3,000 transaksi dan blok baru tersebut hanya bisa menampung 1,800 transaksi. Berarti sekarang ada 1,200 transaksi yang mengantri dan begitu seterusnya. Transaksi yang akan diprioritaskan untuk masuk ke blok adalah transaksi yang miner feenya tinggi. Jadi bila transaksi Bitcoin Anda memiliki miner fee 0.0005 BTC, sedangkan 1,000 transaksi lain miner feenya mencapai 0.0009 BTC, maka Anda akan menunggu hingga berjam-jam sampai transaksi Anda terproses dan dimasukkan ke blok.

Pada pertengahan tahun 2009, besar satu blok Bitcoin hanya mencapai 0.001 MB, namun tanggal 10 Maret 2017 kemarin, besar satu blok mencapai 0.992 MB–sudah hampir 1 MB! Seiring berjalannya waktu, transaksi Bitcoin akan semakin meningkat. Apa yang terjadi di masa depan bila saat ini saja kapasitas maksimal blok sudah hampir terpenuhi? Akan semakin banyak transaksi yang mengantri untuk dimasukkan ke blok, semakin banyak transaksi yang perlu dikonfirmasi, dan miner fee akan semakin mahal harganya. Bitcoin akan kehilangan sifat-sifat yang membuatnya jauh lebih baik daripada bank atau sistem finansial saat ini, yaitu: kecepatan transaksi dan murahnya biaya pengiriman uang.

https://goo.gl/Lvft6Z Bitcoin.co.id merupakan salah satu marketplace terbaik dan terbesar di asia. Marketplace ini memiliki beberapa kelebihan dibanding marketplace lainnya:
  1. termasuk ke dalam daftar exchanger dengan biaya transaksi terendah untuk jual-beli Bitcoin, yaitu: 0.3% per transaksi untuk market taker dan 0% untuk market maker. 
  2. menyediakan fasilitas perdagangan Alternate Coins seperti Ethereum, Ripple, Dogecoin, Litecoin, Stellar, NXT, XEM, DASH dan Bitshares dengan biaya transaksi 0%. 
  3. Keamanan Transaksi yang terjamin, tercatat secara transparan dan dapat menjaga privasi 
  4. memiliki proses deposit dan withdraw tercepat dibandingkan exchanger lain.
  5. Customer Service Bitcoin.co.id selalu stand by dan siap menjawab semua pertanyaan, keluhan dan saran yang diberikan oleh member dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit. 
  6. Transaksi tetap dapat diproses meskipun hari libur. 
  7. terintegrasi dengan berbagai layanan Bitcoin di dunia, seperti: Bitcoin Average, Bitcoin Checker, Bitcoin Ticker Widget dan puluhan layanan lainnya. 
  8. Bitcoin.co.id menawarkan sistem pembayaran BitBayar.com yang memperbolehkan para member yang memiliki bisnis/usaha untuk menggunakan Bitcoin sebagai media pembayaran seperti kartu kredit atau debit. Pembayaran yang diterima akan secara otomatis terkonvensi menjadi rupiah untuk menghindari risiko pergerakan harga Bitcoin yang fluktuatif. 

Daftar Bitcoin.co.id disini


Diatas adalah gambaran dari latar belakang terciptanya bitcoin cash. Jadi secara sederhana bisa dikatakan bitcoin cash adalah merupakan mata uang bitcoin yang di upgrade untuk mengatasi kelemahan bitcoin seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi.

Berdasarkan hal ini saja saya sudah punya keyakinan bahwa mata uang ini akan sefenomenal (kalo tidak ingin dikatakan melebihi) pendahulunya yaitu bitcoin.

Saya secara pribadi meyakini bahwa bitcoin sudah mencapai batas harganya. Beberapa hari yang lalu bitcoin telah mencapai titik harga tertinggi baru yaitu sekitar 4.224 dolar. Setelah itu harganya kembali menurun dan kemudian mulai stabil dianggka 40 juta.

Ketika harga melonjak berarti permintaan terhadap mata uang ini meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi. Dengan jumlah transaksi yang meningkat bitcoin kembali menunjukan sisi lemahnya sebagai matau uang digital yang belum diupgrade.

Jika kita berpikir secara logis, saat kelemahan ini terus ada, sedangkan semakin lama pihak-pihak yang pada awalnya tidak mengenal criptocurenci akan mulai menggenal yang namanya mata uang digital. Dan seiring dengan itu tentu semakin hari jumlah transaksi pasti terus akan meningkat. Dengan kelemahan bitcoin, mata uang ini pasti akan kurang diminati pasar sehingga mulai kehilangan nilainnya, disaat yang sama ada bitcoin cash sebagai alternative untuk mengatasi kelemahan bitcoin sehingga pasar tentu akan memilih pilihan yang lebih menguntungkan diantara kedua mata uang ini (jika kita mengabaikan cryptocurrency lain).

Pertanyaannya kenapa semenjak pristiwa Hard Fork, harga bitcoin cash tidak kunjung menyainggi harga bitcoin. Harga bitcoin cash sempat melonjak tinggi diawal-awal kemunculannya, namun harganya kembali turun dengan sangat cepat, Apakah yang menyebabkan hal ini?,

Mungkin jawaban yang bisa saya berikan atas pertanyaan diatas adalah karena pasar yang sudah begitu mempercayai bitcoin atau dengan bahasa lain posisi bitcoin sudah sangat kuat didukung oleh pasar. Kenapa saya katakan demikian, kita dapat melihat kembali statisti jumlah transaksi bitcoin diatas, bukan hanya itu bisa dikatakan bitcoin adalah primadonanya criptocurenci saat ini (mereka yang mengenal cryptocurrency pasti mengenal bitcoin), selain itu bitcoinpun telah dapat digunakan dalam bentuk transaksi secara real seperti membeli barang digital (e-book, dll), barang untuk keperluan sehairi-hari, dan lain sebagainya. Dengan kata lain butuh waktu untuk menggeser bitcoin sebagai primadonanya criptocurenci.

Selain alasan diatas posisi bitcoin cash juga belum dapat mengalakan bitcoin sebab posisinya belum sepenuhnya mendapat dukungan dari pasar. Hai ini dapat dilihat dari banyaknya tempat exchanger mata uang digital yang belum mau memasukan bitcoin cash kedalam platfon tempat transaksinya, hal ini dapat dinggerti sebab tempat exchanger perlu memastikan bahwa bitcoin cash sudah cukup stabil untuk diperdagangkan. Selain itu belum ada patfon yang menerima bitcoin cash untuk melakukan transaksi kepada barang-barang real. Namun suka atau tidak suka pasar pasti akan menjadi logis untuk memilih alat transaksi terbaik yaitu transaksi yang bukan hanya menjamin keamanan, namun juga kecepatan dan biaya yang murah dan sampai pada titik ini bitcoin cash adalah pilihan yang lebih baik dari pada bitcoin.

Hanya waktu yang akan membuktikan isi ulasan ini, saya bukan peramal yang dapat memprediksi masa depan, namun saya hanya menuliskan sebuah opini berdasarkan fakta, pengalaman dan ilmu yang peroleh. Akhirkata semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pecinta mata uang digital atau bagi para investor yang sedang mencari alternative investasi.

  • Saat ini anda dapat melakukan perdagangan bitcoin cash di bitcoin exchanger ini.
  • Anda juga dapat mulai menggumpulkan bitcoin cash secara gratis dari faucet bitcoin cash di microwallet ini.

Daftar Pustaka:

Oldest