Bitcoin vs emas vs penggunaan kartu kredit, manakah yang lebih baik

Bitcoin vs emas vs penggunaan kartu kredit, manakah yang lebih baik


Tulisan ini saya buat karena saya tertarik ketika membaca beberapa artikel di internet yang menulis tentang perbandinggan antara bitcoin dan emas. Dalam isi tulisan tersebut, meskipun penulis terlihat begitu berusaha bersifat objektif, namun tidak bisa dipungkiri isi tulisannya berusaha menyajikan keunggulan bitcoin ketimbang emas dan penggunaan kartu kredit. 

Sobat-sobat MYAnalis7 dapat membaca artikel yang saya maksud sebagai berikut: 

https://goo.gl/Lvft6Z


Jadi apa benar isi pendapat artikel tersebut, hum…..

Mari kita analisa kembali, menurut pengetahuan kita sejauh ini tentang bitcoin, emas dan kartu kredit:

Biaya transaksi


Dalam hal ini emas dan kartu kredit jelas tidak dapat mengungguli bitcoin. Tidak mudah menggunakan emas sebagai alat transaksi. Emas memang dapat ditukar dengan uang, namun jarang, bahkan mungkin tidak pernah emas digunakan untuk membeli tiket pesawat atau makanan, dan lain sebagainya.

Lalu bagai mana dengan kartu kredit?,

Ya… kartu kredit memang dapat digunakan sebagai alat transaksi, namun biasanya anda akan di kenakan biaya penggunaan sekitar 2-3%, sangat berbeda dengan bitcoin dimana transaksi dapat dilakukan bahkan dengan biaya fee mendekati 0%.

Belum lagi jika bicara soal kecepatan transaksi. Dengan bitcoin, kita dapat melakukan transaksi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia, hanya dalam hitungan hari bahkan jam. Hal ini tentu sulit dilakukan jika menggunakan kartu kredit, ditambah lagi transaksi internasional merupakan hal yang rumit dan mahal.

Jadi apa benar bitcoin lebih unggul dari emas dan kartu kredit dalam hal biaya transaksi?,

Dalam hal ini bitcoin mungkin lebih unggul dari emas, namun belum tentu lebih unggul dari kartu kredit.

Alasan-alasan yang saya sampaikan diatas, hanya mungkin terjadi jika transaksi menggunakan bitcoin hanya dibawah 100 transaksi per hari. Jika tidak demikian tidak mungkin ada pristiwa hard work bitcoin, yang kemudian menciptakan mata uang baru yaitu bitcoin cash.

Ulasan lengkapnya dapat di baca disini: Potensi Bitcoin Cash

Intinya yang menjalankan bitcoin adalah mesin yang memiliki daya tampun yang terbatas. Semakin lama jumlah transaksi pasti terus menigkat, sedangkan tampa upgrade kemampuan bitcoin untuk menampun jumlah transaksi juga terbatas. Seiring dengan kemampuan menampun jumlah transaksi yang terbatas, bitcoin kehilangan keunggulannya dalam hal kecepatan melakukan transaksi. Agar kecepatan ini meningkat diperlukan miner fee yang jauh lebih besar. Sekarang kita dapat memperkirakan sendiri jika seandanya semua orang yang bertransaksi dengan bitcoin menambah jumlah miner fee, bisa jadi bitcoinpun kehilangan kelebihan lainnya yaitu harga transaksi yang murah.


Lalu apa yang dilakukan, jawabannya adalah upgrade bitcoin untuk meningkatkan kapasitas transaksinya.

Masalahnya, bitcoin adalah mata uang desentralisasi, sehingga untuk melakukan upgrade perlu persetujuan para penggunanya. Selain itu proses upgradepun berpotensi menciptakan coin baru, dengan catatatn transaksi yang sama seperti bitcoin. Saat ini sudah ada coin baru hasil perpecahan dari bitcoin yaitu bitcoin cash.

Apakah bitcoin cash adalah jawaban dari masalah bitcoin?, mungkin saja…..

Tapi perlu diingat, baik itu bitcoin ataupun bitcoin cash tetap memiliki batasan transaksi. Bisa jadi yang dialami bitcoin saat ini terjadi pula pada bitcoin cash saat jumlah transaksinya dilewati oleh para peminatnya (sekalipun bitcoin cash memiliki kapasitas yang lebih besar dari pada bitcoin).

Ulasan lengkapnya dapat di baca disini: Potensi Bitcoin Cash

Alat investasi


Untuk instrument ini kita akan mengabaikan kartu kredit, sebab sejauh yang saya tahu kartu kredit bukanlah instrument investasi. Namun bitcoin dan emas termasuk dipuja-puja sebagai alat investasi.

Bitcoin dan emas adalah alat investasi, hal ini dipercayaai karena jumlahnya yang terbatas sehingga memungkinkan harganya untuk terus naik. Tapi apakah benar pernyataan ini?, mari kita analisa…

Harga emas terus melambung sebab jumlahnya terbatas dan tidak ada satu pihakpun yang dapat menciptakan emas. Namun apakah bitcoin sama persis seperti itu?, untuk beberapa kasus mungkin betul, namun menurut saya tidak sepenuhnya betul.

Mengapa saya katakana demikian?,

Bitcoin jumlahnya terbatas, betul

Bitcoin tidak dapat dipalsukan, betul, namun perlu diingat, bitcoin masih perlu bersaing dengan cryptocurrency lainnya. Sehingga mengatakan bitcoin tidakmungkin dipalsu betul, namun kasusnya berbada dengan emas.

Harga emas mungkin akan terus naik, namun tidak demikian dengan bitcoin. Harga bitcoin sangat dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran yang ada di pasar, yang menyebabkan harga bitcoin tinggi saat ini, karena bitcoin lebih popular ketimbang cryptocurrency lainnya.

Lalu bagaimana jika suatu saat, pengguna cryptocurrency lebih tertarik menggunakan jenis cryptocurrency baru, jawabannya sudah tentu harga bitcoin akan menurun. Hal ini tentu tidak akan terjadi pada emas, sebab sampai saat ini tidak ada barang yang dapat dibuat menyerupai emas dan tetap sama dalam hal harganya.

Demikianlah artikel ini saya buat, bukan bermaksud menggurui atau menjadi ahli ramal, namun inilah tulisan yang disampaikan secara jujur berdasarkan opini penulis berdasarkan fakta, pengalaman dan ilmu yang peroleh. Akhirkata semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pecinta mata uang digital atau bagi para investor yang sedang mencari alternative investasi.

Previous
Next Post »